Follow Us

Instagram

Solar Vs Bensin

Asslm.Wr.Wb.... bgmana kabar shob...? semoga sehat dan masih diberi Semangat Berfikir... :) kali ini ane akan sharing apa yg ane dengar ...

Asslm.Wr.Wb.... bgmana kabar shob...? semoga sehat dan masih diberi Semangat Berfikir... :)
kali ini ane akan sharing apa yg ane dengar dari kerabat dekat dan yg pernah ane baca mengenai mesin berbahan bakar bensin dan mesin berbahan bakar solar (diesel)...
sebenarnya dari dulu ane penasaran mengenai cara kerja mesin diesel dan bensin, sempat browsing di internet tapi bahasanya kurang sederhana untuk dipahami, memang agak sulit karena basic ane di elektronika.., terus dan terus bertanya.. knapa mobil truck masih mengguanakan solar sebagai bahan bakar? genset berkapasitas besarpun sama, apalagi alat2 berat lainnya? mesin2 besar pada perusahan2 juga sama... masih mengguanakan solar (mesin diesel)... mengapa tidak mengguanakan bensin saja sebagai bahan bakar???

Akhirnya.... kmaren malam ketemu jawaban yang pas setelah berbincang2 dengan teman ane, Namanya Sadli atau biasa dipanggil adi (Adi Beo).., kebetulan Adi Beo adalah seorang enginer alat berat disalah satu perusahan/produsen alat2 berat ternama asal amerika (Caterpillar)...
jadi beginilah jawabannya shob... :)
baca dan pahami baik2 shob... berikut ulasanya....
Pertama2 ane akan jelaskan sistem pembakaran pada mesin berbahan bakar solar dan mesin berbahan bakar bensin... :)
Jadi begini shob... Perbedaan utama terletak pada pembakaran dalam ruang silinder. Mesin besin mengawali pembakaran dengan disuplainya listrik tegangan tinggi, sehingga menimbulkan percikan bunga api di antara celah busi untuk memulai pembakaran gas. Mesin diesel memanfaatkan udara yang dikompresi untuk memulai pembakaran bahan bakar solar.
jadi... mesin diesel (berbahan bakar solar) menggunakan udara panas hasil dari kompresi tadi untuk membakar atau memicu solar untuk menghasilkan ledakan.
Sedangkan pada mesin berbahan bakar bensin, bahan bakar dan udara dicampur di luar slinder yaitu dalam karburator dan saluran masuk (manifold). Sebaliknya mesin diesel tidak ada campuran pendahuluan udara dan bahan bakar di luar slinder, hanya udara yang diterima ke dalam slinder melalui saluran masuk, itulah mengapa mesin diesel tidak memakai karburator melainkan mengguanakan pompa injector atau boshpom... :)

Dari segi kenyamanan :
mesin berbahan bakar bensin lebih halus dibandingkan berbahan bakar solar, karena mesin berbahan bakar solar (diesel) memanfaatkan mekanisme kompresi tinggi dalam proses pembakarannya...
kesimpulan : mesin berbahan bakar bensin unggul dalam segi kenyamanan... :)

Dari segi Performa :
mesin bensin mempunya horse power (tenaga kuda) yang lebih besar, sedangkan
mesin berbahan bakar solar (mesin diesel) mempunyai torsi yang sangat besar...
maka dari itu pengendara mobil berbahan bakar bensin akan merasakan kelincahan mobilnya, lain pada mobil bermesin diesel (berbahan bakar solar) akan merasakan manfaat lebih saat membawa beban yang berat atau menempuh medan yang ekstrim.... jadi jika ada sobat yg masih bertanya mengapa mobil truk menggunakan mesin diesel? maka pertanyaan sobat sudah terjawab... :)
Kesimpulan : Performa keduanya seimbang...

Penjelasan lainnya ...
Torsi / Torque :
Torque (atau juga disebut torsi / moment) sebenernya adalah kekuatan berputar (disebut juga ‘rotational force’ atau ‘angular force’.Satuan torque adalah Newton Meter atau lbs ft (‘pound feet). Dari definisi ini, maka rumus torque adalah :
torsi = F x r
F = Gaya
r = Meter

Sebenarnya rumus diatas pernah ane dapatkan dibangku kuliah sewaktu masih kuliah di jurusan teknik sipil... :) , tapi aplikasinya mengarah ke perhitungan kekuatan bangunan/transfer gaya, yaitu berupa momen... rumus yang ane ingat itu sama persis dengan yang diatas... momen = gaya dikali jarak... :)
perhatikan gambar ilustrasinya shob...
ketika sobat membuka baut dengan kunci inggris, manakah yg lebih gampang? antara menggunakan kunci inggris yg mempunyai gagang panjang atau gagang pendek??? dengan gagang panjang maka akan menghasilkan torsi besar... :)
itulah torsi shobb... :)

Apa Paerbedaan Torsi dan Tenaga kuda???
Torsi yang memiliki satuan newton meter merupakan kemampuan untuk menggerakkan kendaraan dari kondisi diam.sedangkan tenaga kuda dengan satuan daya kuda lebih kepada kemampuan tertinggi yang dapat diraih mesin tersebut. Dalam praktiknya, torsi lebih berperan ketimbang tenaga mesin, karena, semakin besar torsi yang dimiliki mesin maka mobil akan terasa ringan. Makanya, mobil yang memiliki torsi lebih besar akan asyik saat diajak mendaki atau diisi beban penuh. Apalagi bila torsi maksimum diraih pada putaran mesin yang cukup rendah. Sedangkan tenaga kuda lebih terasa ketika melaju dijalan bebas hambatan atau saat hendak menyalip hingga batas rpm maksimum. Makanya tenaga kuda akan meningkat seiring tingginya putaran mesin.

Pilih yang Mana? torsi atau tenaga kuda?
yah tergantung medan shob... :), Truck, Bulldozer, Excavator, semuanya menggunakan mesin diesel karna memang medannya berat, butuh torsi yang besar, walaupun gerakan/kecepatannya lebih lambat... Beda dengan mobil/motor balap yg lebih mengutamakan tenaga kuda/kecepatan... :)

ok... sekian dulu,, semoga Bermanfaat...
thankz to Adi Beo... :)


Adi Beo dan Mainannya... :D

4 komentar:

  1. kbeneran saya lagi bingung antara torsi sm HP.
    ma'lum gan, hehehehhee

    BalasHapus
  2. Mantap Dayat. Tanya adi, so trd mainan yg lebe basar dari itu??? haha

    BalasHapus
  3. kenapa bisa kyk gtu? sifat" apa saja yg membuat bensin dan solar kyk gtu?

    BalasHapus