Follow Us

Instagram

Cara Kerja Travo

Asslamu'alaikum... Bgmana kabar shobat? semoga sehat selalu.. :) Ada yang pernah dengar kata "Travo"...? hmm, gw rasa semua...

Asslamu'alaikum...
Bgmana kabar shobat? semoga sehat selalu.. :)
Ada yang pernah dengar kata "Travo"...? hmm, gw rasa semua udh pada dengar kata itu... :)
Agak2 berbau listrik/elektro nih kalo dengar kata travo... ya... memang itu komponen listrik atau tepatnya lagi travo masuk dalam kategori komponen elektromagnet... :) Bahasa kerennya travo itu transformator... :)

Travo




Travo atau tansformator bekerja berdasarkan prinsip induksi magnetik.
Loh...? koq ada magnet? apa kaitannya travo sama magnet??
Sabar dulu... dengarin dulu penjelasannya... Eh iya, gw jadi keingat sama perkataan dosen fisika gw, kata beliau listrik dan magnet itu adalah dua hal yang tak dapat dipisahkan,.. romantis banget yah... ini nulis apaan sih??? haha...
knapa beliau katakan keduanya adalah dua hal yang tak dapat dipisahkan? ini bukan kisah romantis "romeo dan juliet".. :p
Jadi gini... jika ada listrik yang mengalir di suatu penghantar maka akan ada medan magnet disekitaran penghantar itu, begitupun sebaliknya jika ada medan magnet (kuat medannya berubah2) di sekitaran penghantar maka akan ada gaya listrik.  itu sebabnya beliau katakan dua hal ini tak dapat dipisahkan,.. Super sekali yah...:D
Ok...kembali ke topik.
didalam travo itu pasti ada yang namanya coil, tau coil kan? kawat tembaga yang digulung2 itu loh... haha, serius...memang coil itu kawat tembaga digulung2 loh... :p knapa digulung2...??? Tau gak knapa digulung2...????? Tau gak...??? Woi...jawab woi... :p
Knapa digulung2, yah untuk mendapatkan medan magnet yang besar... Loh koq bisa besar yah medan magnetnya..?? Bisa dong... :) Ingat yah yah, kawat tembaga yang di'lilit-lilit itu nnti dialiri oleh listrik, oh iya, kita ganti kata di'gulung2 menjadi kata di'lilit2 aja yah biar enak dengarnya... :D. Lanjut....  dengan adanya arus listrik yang mengalir pada coil itu maka disekitar coil itu akan timbul medan magnet... Coba ingat2 lagi mengenai romeo dan juliet.. :p haha.. mksd gw coba ingat2 lagi mengenai kata pak dosen gw, seutas kawat tembaga (atau penghantar lainnya) yang dialiri listrik akan menimbulkan medan magnet disekitarannya, jadi....? yah... bayangin aja seutas kawat (membentang) yg dialiri listrik aja bisa menghasilkan medan magnet, coba bayangin sekalilagi jika kawat penghantar itu dibelit atau di'lilit-lilit disuatu benda (bisanya besi/ferit) maka sama aja kayak kita membuat medan magnet yang ada di permukaan kawat itu jadi ngumpul semua. Nah... sampe dsini udah ngerti blm??? :) Gw anggap udah ngerti yah... :p

Lanjuuuttt....
tarvo itu ada bermacam2, ada yang buat nurunin tegangan, ada yang buat naikin tegangan, ada juga yg namanya travo pulsa, dll... tapi pada intinya semua jenis travo sama cara kerjanya, yaitu berdasarkan prinsip induksi magnetik :) .

Disini gw akan ambil salah satu contoh aja, yaitu travo untuk nurunin tegangan. Oh iya tarvo yang fungsinya nurunin tegangan itu nama keren-nya "travo step-down". Travo step-down bisa sobat temui di peralatan elektronik seperti adaptor, tegangan output yg dihasilkan adaptor ada yang 9 Volt, 4.5Volt, 12 Volt, dll (sesuai kebutuhan), sedangkan tegangan di jala2 adalah 220 Volt. apaan tuh tegangan jala2? tegangan jala2 yg gw maksud itu adalah tegangan yang ada di dalam rumah. Nah untuk menurunkan tegangan 220 Volt ke tegangan 12 Volt (misalnya), maka didalam adaptor itu ada komponen yang namanya "Travo Step-Down".
Tarvo step-down terdiri dari dua coil. sampe disini kita ganti kata coil dengan kata kumparn yah.. :)
kedua kumparan yang yang dimiliki oleh travo step-down ini berbeda jumlah lilitannya. Nah kedua kumparan itu namanya kumparan primer dan sekunder.



Simbol Travo Step-Down

Perhatikan gambar diatas, disitu terlihat ada dua kumparan, yang disebelah kiri itu kumparan primer, yang disebelah kanan itu kumparan sekunder. Pada travo step-down jumlah kumparan primer lebih banyak dari kumparan sekunder. Lah koq kumparan sekunder lebih sedikit jumlah lilitannya dari kumparan primer??? ya iya dong,.. kan mau nurunin tegangan... :) jadi...??? apa kaitannya lagi sama tegangan?? pusing... nyambung menyambung... ok...ok, kalo pusing untuk sementara kita lupakan dulu soal tegangan...
Jadi gini... di kumparan primer itu akan dialiri arus listrik, nah ketika kumparan primer itu dialiri arus listrik maka akan timbul medan magnet disekitarannya, nah medan magnet yang dihasilkan oleh kumparan primer (sebelah kiri) akan menginduksi kumparan sekunder (sebelah kanan) maka pada kumparan sekunder akan ada gaya gerak listrik, tapi perlu diingat lagi yah ggl akan terjadi jika kuat medan magnet-nya berubah-ubah... kalo masih blm ngerti coba baca lagi kalimat yg gw tandai dengan wrna ijo dan biru diatas... :) jadi gmana biar kuat medan-nya bisa berubah2...??? yah... pake tegangan AC (alternating current), atau arus bolak balik, arus bolak balik kan potensilanya gak konstan, potensialnya berbentuk gelombang, dari potensial/tegangan yang berubah2 itulah makanya jika tegangan ini dimasukan ke dalam kumparan primer maka medan magnet yang dihasilkan juga akan berubah2.
Sampai disini gw rasa sobat udh mulai ngerti.... kalo masih belum ngerti juga silahkan matikan komputer, tarik selimut, dan tuduuurr... :p
Ok lanjuut.....
Karena jumlah lilitan pada kumparan sekunder lebih sedikit,  beda potensial yang dimiliki oleh kumparan sekunder ini pun akan lebih kecil dari beda potensial yg dimiliki oleh kumparan primer. beda potensial...??? yap... beda pontensial,... beda potensial yg dimaksud adalah "Tegangan Listrk", sebut saja tegangan...
Gmana...??? Makin bingung yah...??? haha... Gw jg sbnrnya bingung juga ngejelasinnya... :p apa ya analogi yang pas untuk menjelaskan fenomena ini... sebnarnya udh ada di ujung kepala, tinggal dikit lagi, cuman mau diurai mnjadi sebuah kalimat koq susah banget yah.. :D lain kali aja yah, kalo udah dapet analoginya baru gw posting.
luapakan...lupakan... :)
setalah memahami cara kerja travo, gw mau kasih rumus fisikanya... gw lebih suka kayak gini, menjelaskan sesuatu harus dari konsep, dan kemudian baru rumusnya, agar yang membacapun bisa paham terlebih dahulu konsepnya  sebelum menelan rumus mentah2 (tapi gw yakin tulisan gw muter2... tapi memang begitu adanya, semua saling berkaitan satu sama lain).
Terkadang kita benci dengan rumus2 yg kita dapatkan entah dari dosen/guru atau dari guru yg bisu (baca: Buku) karna saat kita tidak memahami konsep maka rumus seakan kelihatan rumit, tapi kalau kita udh memahami konsep maka rumus kelihatan indah (lebay).
Bukanlah sebuah rumus terlahir dengan adanya suatu konsep???
Seorang penemu tidak menemukan rumus, yg mereka temukan sebenarnya konsep, dari konsep itulah maka dibuatkan sebuah formula/rumus. Jika ternyata rumusnya salah, maka mereka akan merubah konsep dan peahaman.
Formula/rumus yang salah berawal dari konsep/pemahaman yang salah...
Makasih udh dengar ceramah dari gw... :D :p
Ini rumus-nya...

 Sekian... Semoga bermanfaat...
Wassalamu'alaikum...

1 komentar:

  1. mantap pembahasannya...
    bisa ditambahkan untuk yg toroid?
    cara lilit, perhitungan diameter kawat sampai perhitungan daya travonya

    BalasHapus